Sebaran Label

Sunday, May 30, 2010

Memudahkan Pembaca Saat Memberi Rujukan Link - Weekend Evaluate #11

WE biasanya datang minggu pagi, namun kali ini agak berbeda karena mendapatkannya di malam hari. Memang, kadang hari Minggu bisa menjadi lebih sibuk dari hari-hari lainnya. Membagi waktu antara melepas penat dan berekreasi setelah seminggu beraktivitas dan bersiap menyambut pekan baru. Walau sedikit terlambat, mari seperti biasa kita berteriak WE... WE... WE..., "apa yang harus Anda pelajari dari kesalahan Anda selama ini, dan Anda melakukan yang lebih baik esok hari..."

Sekarang kita berbicara soal bagaimana Anda membagi link lewat postingan Anda. Anda akan seringkali membagikan link, baik link ke dalam blog Anda sendiri (internal) ataupun link keluar ke suatu blog atau situs. Nah, dalam memberikan linkpun sebaiknya Anda memiliki beberapa pedoman agar benar-beanr efektif.

#1 Sertakan Link Dalam Kalimat Anda
Sebaiknya Anda menyertakan link ke dalam kalimat Anda. Jangan hanya dengan kata-kata, klik disini. Itu memang mudah tapi sama sekali tidak mempercantik bahasa Anda. Kata-kata klik memang sangat informatif dalam hal memberikan perintah, tapi Anda bisa memodifikasinya ketimbang sekedar dengan 'klik ini'. Sebaiknya Anda gunakan kalimat-kalimat seperti, 'klik untuk menuju ke Google.com' atau 'langsung saja Anda klik dan Anda akan melompat ke Google.com'

#2 Warna Link Jelas
Beberapa blog membuat warna link mereka sama dengan warna teks biasa. Sebaiknya dibedakan karena ini akan lebih menekankan link Anda. Pembaaca sering melewatkan link rujukan, hanya karena mereka tidak melihatnya sebagai link.
Berikut contoh kode link...
a:link {color: #1788FF;}
Berikut kode saat link disorot...
a:hover {color: #ddd;}
Berikut kode link yang telah dikunjungi
a:visited {color: #ddd;}

Cari di bagian template Anda. Untuk mengganti warnanya, silahkan lihat kode-kode warna di artikel berjudul Kode Warna HTML.

#3 Pastikan Link Aktif
Yang dimaksud disini, adalah pastikan link anda benar-beanr link dan bisa di klik. Bukan sekedar menuliskan alamat link, seperti, "silahkan kunjungi http://www.masdoyok.co.cc" . Jangan buat pengunjung harus susah payah copy link ke address bar secara manual, tapi pastikan mereka dimudahkan hanya dengan klik. Jadi tulis, "silahkan kunjungi http://masdoyok.co.cc" . Pada contoh tersebut bukan hanya alamat yang dipampangkan, namun alamat bisa di klik dan langsung menuju ke lokasi.
Kode alamat link biasa
<a href="http://masdoyok.co.cc/">http://masdoyok.co.cc</a>
Jika ingin terbuka di jendela baru
<a href="http://masdoyok.co.cc/" target="_blank">http://masdoyok.co.cc</a>

#4 Nofollow Untuk Link Keluar
Menanggapi hal nomer 3 di atas, lantas banyak yang berpikir maka link keluarnya akan banyak, padahal itu tidak bagus untuk optimasi blog (baca: Skema Tautan dan Populartitas Link). Solusinya, silahkan Anda tabahkan rel nofollow untuk link-link keluar Anda, agar Google tidak mengunjungi link tersebut dan anggap sebagai backlink. Jadi, link tersebut hanyan untuk pembaca dan bukan untuk robot Google.
Penulisannya menjadi:
<a href="http://masdoyok.co.cc/" rel="nofollow">http://masdoyok.co.cc</a>

Hal kecil bisa sangat berpengaruh. Sebaiknya Anda optimasikan segala sisi dan Anda akan menuai hasilnya... Tunggu terus hingga ke seri WE selanjutnya... Minggu depan kami punya yang lebih jeli tentang kesalahan-kesalahan dalam blogging....

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments: