Sebaran Label

Monday, June 21, 2010

Pengertian atau Perbedaan Blog Dofollow dan Nofollow

Banyak blogger yang masih bingung Antara memilih dofollow atau nofollow untuk blog mereka. Bahkan banyak juga yang belum tahu maksud dofollow dan nofollow dari sebuah link. Setelah menulis beberapa artikel tentang nofollow dofollow, baca:
- Cara Cek Blog Dofollow atau Nofollow
- Cara Cek Blog Dofollow atau Nofollow dengan Addons
- Merubah Blog Menjadi Dofollow

Dan beberapa penerapan yang berkaitan dengan nofollow dan dofollow
- Menggunakan Blog Roll Untuk Related Blogs
- Weekend Evaluate #7: Mendapatkan kunjungan dari Berkomentar
- Weekend Evaluate #11: Memudahkan Pembaca Saat Memberi Rujukan Link
- Usaha Mengurangi Angka Restricted Robots.txt

Nah kali ini saya akan membahas lebih detail mengenai pengertian dofollow dan nofollow

Pengertian Nofollow
Dari wikipedia nofollow didefinisikan:

nofollow adalah atribut HTML nilai digunakan untuk menginstruksikan mesin pencari hyperlink beberapa yang tidak seharusnya mempengaruhi peringkat target link dalam indeks mesin pencari. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi efektivitas beberapa jenis spam mesin pencari, sehingga meningkatkan kualitas hasil mesin pencari dan mencegah spamdexing dari terjadi.

Secara sederhana, ketika Anda menggunakan link nofollow berarti ketika mesin pencari akses halaman dan melewati link tersebut, dia tidak akan menelusuri lebih jauh link tersebut. Karena tidak ditelusuri lebih jauh, maka link tersebut tidak berpengaruh terhadap jumlah backlink dan juga tidak berpengaruh dengan pemeringkatan.

Pengertian Dofollow
Anda tidak menemukan dofollow di wikipedia? Sebaiknya Anda perlu tahu, karena sebenarnya tidak ada tag dofollow. Ini hanya istilah untuk membedakan dengan link nofollow. Ketika Anda membiarkan link Anda dofollow, maka ketika mesin pencari membaca halaman Anda dan menemukan link tersebut, ia akan menelusuri lebih jauh link tersebut sehingga mesin pencari menghasilkan sebuah laporan, dalam hal ini berkaitan dengan jumlah backlink dan pertimbangan pemeringkatan.

Penulisan Nofollow
Ketika Anda menambahkan link pada postingan Anda, maka link tersebut otomatis tercetak sebagai link dofollow. Untuk mengubahnya, silahkan tulis seperti berikut:
<a href='tujuanlink' rel='nofollow'>nama link</a>


Tidak Ada Penulisan Untuk Rel=Dofollow
Seperti saya tulis di atas, sebenarnya tidak ada rel dofollow. Itu hanya istilah untuk membedakan saja dengan link nofollow. Oleh karena itu tidak ada penulisan untuk link dofollow. Link yang ditulis tanpa rel nofollow sudah berarti itu dofollow.
<a href='tujuanlink'>nama link</a>

Penambahan rel=dofollow pada link, misal seperti berikut ini adalah percuma.
<a href='tujuanlink' rel='dofollow'>nama link</a>
Jadi, misal ketika Anda mencoba melakukan spam paksa di komentar blog lain dengan menambahkan dofollow, maka hal itu sia-sia. Baca lengkap di Blog Juragan di artikel berjudul Teknik Spam yang Sia-sia.

Mengapa Blog ini Nofollow?
Blog dengan banyak sekali artikel tentu lebih sulit untuk mengelola tiap postingan bahkan tiap komentar. Sebuah blog yang bagian komentar tidak di set nofollow, akan sangat berbahaya, karena bisa saja pada kotak komentar ditanami banyak link rusak atau link terlarang. Belum lagi raja-raja spam yang menyisipkan banyak link yang sama di satu halaman. Ini bisa memperburuk SEO, atau kemungkinan paling buruk adalah Blog ditendang Google...

Sedikit info mengenai dofollow dan nofollow... Semoga bermanfaat, kita membahas lebih dalam nanti... Bagi yang mempunyai info lebih atau artikel lebih lanjut mengenai ini, bisa meninggalkannya lewat komentar di artikel ini...

Related Posts by Categories



Widget by Hoctro | Jack Book

0 comments: