Blog Tips: Dua Penikmat Judul Postingan Anda, Bagaimana Memikirkannya?

Seharian di jogja tidak bisa terlepas dari perasaan gundah karena saya belum update hari ini. Begitu pulang menyempatkan tidur dua jam, setelah sholat saya segera mendatangi komputer karena saya ingin sekali berbagai dengan Anda setiap harinya. Tips ini menyangkut tentang bagaimana Anda mengoptimalkan judul postingan Anda. Berjalan di berbagai blog memberikan pencerahan kepada saya, berbincang dengan berbagai author membuat saya kecil. Banyak pelajaran yang saya terima dan mereka benar-benar hebat soal SEO. Berbicara mengenai judul postingan, kita selalu berharap judul postingan kita ramah kepada Google, tetapi seringkali itu membunuh jiwa seni kita. Dilema bagaimana kita ingin membuat judul dengan majas semenarik mungkin, sementara google tak membaca majas sebagai keindahan, melainkan sebagai jalan yang lebih rumit utuk ditemukan. Anda harus menyadari bahwa Anda akan menemui dua pembaca.
Pembaca Setia Anda
Pembaca setia Anda adalah orang yang paling awal membaca artikel Anda, menjadi pelanggan Anda dan akan segera tahu saat Anda update baik melalui dashboard mereka atau melalaui email. Perlu diingat mereka sama sekali tak melibatkan google, karena mereka telah menjadikan artikel Anda sebuah episode yang wajib dilihat.
Untuk menjaga mereka Anda harus memperhatikan hal-hal berikut:
- Membuat Judul Postingan Menantang
Ketika Anda tak peduli lagi terhadap google, Anda bisa membuat judul postingan yang menyedot keingintahuan pembaca. Membuat judul yang samar. Misal ketika Anda membuat judul, "Ada apa dengan Blogger?". Judul itu akan sangat menarik minat pembaca langganan Anda tetapi bagaiman orang baru akan menemukannya lewat google. Suatu kemungkinan yang kecil.
- Jaga Tetap Pendek
Kita menggunakan kasus yang sama. Saat Anda menggunakan judul yang samar seperti di atas, pelanggan Andaakan sangat tertarik menyelesaikannya. Berbeda ketika Anda membuat judul yang terlalu panjang dan telah memberikan bocoran isinya. Mereka yang punya sedikit waktu tak akan pernah menyelesaikannya karena kita tidak membuatnya penasaran.
- Keyword Yang Sangat Berbeda
Keyword untuk pelanggan Anda sangat berbeda dan tidak serumit jika berurusan dengan Google. Keyword yang dimaksud disini adalah kata populer seperti google, yahoo, blogger, tentu pelanggan sudah akan sangat tertarik begitu melihat judul yang mengandug kata-kata itu.
Bagaimana Permasalahannya
Ketika Anda melakukan trik-trik di atas, sudah pasti itu akan sangat baik untuk menjaga pelanggan Anda, tetapi ketika Anda memikirkan hari kedepan dan google itu akan menjadi sangat buruk. Berbicara tentang idealisme dua judul yang berbeda pada dua kasus pembaca membutuhkan trik yang akan saya bahas nanti. Setelah Anda memahami kemauan pelanggan, Anda juga harus memahami kemauan google...
Pembaca Google
Jika Anda memikirkan google akan sangat berbeda dengan pembaca awal Anda. Menggunakan judul yang samar bukan kabar baik untuk Anda jika Anda mengincar google.
Ketika Anda berpikir ingin membuat judul yang mewakili isi belum tentu itu pas dengan google.
Contohnya ketika pertama kali Anda membuat judul '5 tips pola makan teratur untuk kesehatan'. Judul itu akan sangat mudah dimengerti pembaca, tetapi judul itu lebih buruk bagi google ketimbang judul 'Tips Kesehatan: 5 Tips Pola Makan Teratur'. Apa yang ingin Anda tekankan selalu letakkan paling depan meski kadang-kadang itu kurang menarik.
Conclusion
Ketika Anda mempertanyakan dua hal itu, mungkin ada jawaban yang tak pernah terpikirkan. Dari perbincangan di forum saya juga kaget karena mereka bilang mereka gunakan dua judul untuk artikel mereka. Bagaimana bisa? Saya bertanya-tanya. Mereka menjawab, "Bukankah pembaca setia akan dengan cepat membaca artikel kamu, setelah tiga hari kedepan adalah tugas google."
Ternyata saya ketahui, mereka menggunakan judul awal dan judul akhir. Judul awal hanya mereka gunakan selama tiga hari, setelah itu mereka menggunakan judul yang lebih ramah dengan google.
Bagaimana menurut Anda??? Silahkan Anda menentukannya sendiri...
0 comments:
Post a Comment